Rabu, 09 Oktober 2013

Sepak Terjang Bahasa Indonesia Di Australia




Dunia pendidikan di Australia kian serius menjadikan bahasa Indonesia sebagai bagian dari kurikulum mereka. Buktinya, Bahasa Indonesia termasuk salah satu mata pelajaran bahasa asing yang ditawarkan di sekolah-sekolah Negeri Kanguru itu.

Fakta ini diungkapkan Peter Mackey, pejabat pendidikan dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta. "Di sekolah-sekolah Australia, selain mengajarkan bahasa Eropa, kami juga mengajarkan bahasa Asia. Bahasa Indonesia, sebagai salah satu bahasa Asia, turut diajarkan secara signifikan," kata Mackey.

Mackey mengungkapkan bahwa makin populernya Bahasa Indonesia di Australia tak lepas dari makin banyak pelajar nusantara yang menimba ilmu di negaranya sejak 1950an. Pada 2010, tercatat 18.000 pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di berbagai lembaga pendidikan Australia.

Dia juga mengungkapkan bahwa Indonesia dan Australia menjalin kemitraan yang sangat baik dalam bidang pendidikan. Australia bahkan menyediakan anggaran kurang lebih Rp4,5 milyar untuk kerjasama pendidikan bilateral.

Tak hanya soal pendidikan saja Australia mempelajari bahasa Indonesia tetapi Autralia juga banyak mempelajari budaya bangsa Indonesia ,seperti dikutip Menteri Luar Negri Australia Bob Car yang mengatakan “Bahwa sekolah-sekolah diindonesia akan dihubungkan dengan sekolah-sekolah di Australia dan pelajar akan saling berkomunikasi melalu teknologi yang sudah ada seperti Skype dan berbagi bermaca proyek sekolah melalui Wikispace”,dan pihak Australia Menganggaran untuk program ini sekitar 4.1 Milyar Dolar. 

Komentar 
            Sungguh bangga kita sebagai bangsa Indonesia yang tercinta ini karena bahasa kebesaran rakyat Indonesia masih banyak diakui oleh Negara lain salah satu contohnya adalah Negara Australia,Tentu kita sebagai rakyat Indonesia harus bisa menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia ini sebab Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional kita, bahasa pemersatu dari Sabang hingga Merauke. Tanpa bahasa Indonesia negara kita akan terpecah belah. Bahasa Indonesia memegang peranan penting dalam kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
            Mari kita lestarikan bahasa Indonesia walaupun mempelajari berbagai macam bahasa, janganlah kita nomor duakan. Bahasa kita adalah bahasa yang indah dan hanya milik kita bangsa Indonesia, tugas kitalah yang menjaga serta mewariskan sampai ke anak cucu kita. Dengan kita tanamkan bahasa Indonesia dalam hati kita jiwa raga kita sama aja kita Mencintai Keutuhan Seluruh Tanah Air Bangsa Indonesia ,Hidup Indonesia Raya.

Sumber:



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar