Jumat, 19 April 2013

Mengapa & Apa itu IMK ?

Assamalualaikum Wr'Wb

Tentu kalian sering dengar orang berbicara tentang IMK dan membuat kita penasaran apa itu IMK dan apa si fungsinya IMK tentu itu membuat kita bingung bukan,langsung aja kita Cari tahu penjelasannya di blog saya ini Monggo :D


Mengapa & Apa itu IMK ? 
IMK ( Interaksi Manusia dengan komputer ) atau dalam bahasa inggris di sebut HCI ( Humen Computer Interface ). IMK adalah bidang studi yang mempelajari tentang bagaimana manusia dapat berinteraksi dengan komputer. IMK focus mempelajari tentang perancangan dan evaluasi interface pemakai atau yang biasa disebut dengan user friendly ( tampilan komputer yang memabantu manusia).


Mengapa kita perlu Mempelajari IMK ?
Karena dapat Menghemat waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang rumit misalnya pekerjaan hitungan seperti laporan keuangan dan juga Menghemat tenaga, karena manusaia mengendalikan komputer untuk melakukan tugas yang berulang seperti menginput transaksi pembelian tanpa menulis ulang setiap transaksi itu semua merupakan contoh sederhana mengapa kita perlu mengetahui apa itu IMK.



Lalu siapa saja yang terlibat dalam IMK.? Yang terlibat di dalam IMK adalah orang-orang yang bekerja di bidang IT. Programmer dan para pemakai komputer. Karena studi tentang IMK berfokus pada desain tampilan ( display komputer ) yang dapat membatu user dalam menggunakan komputer.
konsep dasar IMK adalah :
1.Untuk membantu dari Segi kemudahan penggunaan
2.Untuk membantu dari Segi keindahan
Dari konsep dasar IMK tersebut tentu akan menghasilkan sebuah Tujuan antara lain;
1. menghasilkan sistem yang dapat di gunakan (Usable)
2. Memiliki manfaat (Useful)
3. Ramah terhadap pengguna (User Friendly)

Jadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa IMK dalam kehidupan manusia saling berketergantungan dalam kehidupan karena tanpa IMK manusia akan sulit untuk bisa memanfaatkan teknologi yang ada dimana teknologi itu sendiri dapat mempermudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam imk juga memiliki suatu konsep dimana imk dapat menghasilkan suatu sistem yang bermanfaat dan dapat digunakan oleh semua pengguna.

Wassalamualaikum Wr'Wb

Sumber :
Dewey.Petra.ac.id
Santoso.Insap; Interaksi Manusi & Komputer : Teori dan praktek,Andi Offset,Yogyakarta 2004 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar