Pembahsan kali ini yaitu mengenai Design yang berisi prinsip design ,ide dalam membuat design, tantangan dalam membuat design, contoh design dalam kehidupan sehari-hari dan Design Graphic oke langsung saja .
I.Prinsip-prinsip desain membantu menentukan bagaimana menggunakan elemen desain. Prinsip-prinsip desain membantu anda untuk menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik. Ada empat prinsip desain: keseimbangan, irama, penekanan dan kesatuan.
Keseimbangan Setiap elemen pada susunan visual
yang telah ditentukan oleh ukuran, kegelapan atau keringanan, dan ketebalan
dari baris. Ada dua pendekatan dasar untuk menyeimbangkan. Yang pertama adalah
keseimbangan simetris yang merupakan susunan dari elemen agar merata ke kiri
dan ke kanan dari pusat. Yang kedua adalah keseimbangan asimetris yang
merupakan pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di setiap sisi
halaman. Warna, nilai, ukuran, bentuk, dan tekstur dapat digunakan sebagai
unsur balancing.
Simetris bisa menjadi kekuatan dan stabilitas publikasi,
presentasi, dan situs web. Asimetris dapat menyiratkan kontras, berbagai
gerakan, mengejutkan dll. Hal ini cocok untuk modern dan publikasi hiburan,
presentasi, dan situs web.
Untuk menciptakan keseimbangan:
1.
Ulangi bentuk
tertentu secara berkala, baik secara vertikal maupun horizontal.
2.
Pusat elemen pada
halaman.
3. Menempatkan beberapa visuals kecil di
satu daerah untuk menyeimbangkan satu blok besar gambar atau teks.
4. Gunakan satu atau dua bentuk aneh dan
membuat bentuk biasa.
5. Keringanan teks potong-berat dengan
terang, berwarna-warni visual.
6. Meninggalkan banyak spasi besar
sekitar blok teks atau foto gelap.
7. Offset besar, gelap foto atau
ilustrasi dengan beberapa lembar teks kecil, masing-masing dikelilingi oleh
banyak spasi.
Irama Rhythm / Irama adalah pola berulang yang dibuat
oleh unsur-unsur yang berbeda-beda. Pengulangan (mengulangi unsur serupa dalam
cara yang konsisten) dan variasi (perubahan dalam bentuk, ukuran, posisi atau
elemen) adalah salah satu kunci untuk visual ritme. Fungsinya menempatkan
elemen dalam sebuah layout secara berkala dan membuat halus ritme. Perubahan pada ukuran dan jarak antara unsur membuat
cepat ritme dan menjadi hidup serta membuat suasana hati menyenangkan.
Untuk membuat rhythm:
1. Ulangi sejumlah elemen berbentuk
mirip, bahkan dengan spasi putih di antara masing-masing, untuk menciptakan
sebuah ritme biasa.
2. Ulangi rangkaian semakin besar elemen yang lebih besar
dengan spasi putih di antara setiap ritme yang progresif.
3. Alternatif gelap, huruf tebal dan
ringan, tipis jenis.
4. Alternatif gelap halaman (dengan banyak jenis grafik atau
gelap) dengan cahaya halaman (dengan jenis lebih sedikit dan berwarna muda
grafis).
5. Mengulang bentuk yang sama di
berbagai bidang sebuah layout.
6. Ulangi elemen yang sama pada posisi
yang sama pada setiap halaman yang dicetak penerbitan seperti newsletter.
Penekanan Tata letak setiap kebutuhan yang
penting untuk menarik para pembaca ke bagian penting dari tata letak.
Umumnya, dibuat ketika salah satu unsur berbeda dari yang lainnya.
Untuk membuat penekanan:
1. Gunakan rangkaian merata spaced,
persegi di samping foto yang digariskan foto dengan bentuk yang tidak biasa.
2. Letakkan bagian yang penting dari
teks pada sudut melengkung atau sekaligus menjaga semua jenis yang lainnya di
kolom lurus.
3. Gunakan huruf tebal, hitam untuk
judul dan jenis subheads ringan teks dan banyak lainnya untuk semua teks.
4. Tempat yang besar di sebelah gambar
kecil sedikit teks.
5. Reverse (gunakan jenis putih) yang
utama dari sebuah kotak hitam atau berwarna.
6. Gunakan warna yang tidak biasa atau
jenis font yang paling penting untuk informasi.
7. Letakkan daftar yang ingin Anda sorot
di sidebar dalam kotak berbayang.
Kesatuan membantu semua elemen seperti milik bersama. Menyatukan elemen
elemen oleh kelompok yang saling berdekatan sehingga terlihat seperti milik
bersama. Gunakanlah kotak (dengan struktur yang halaman) untuk membuat
kerangka untuk margin, kolom, jarak, dan proporsi.
proporsi.
Untuk membuat persatuan:
1. Gunakan hanya satu atau dua
typestyles dan berbeda ukuran atau berat untuk kontras seluruh publikasi, presentasi,
atau situs web.
2. Konsisten dengan jenis font, ukuran,
dan gaya untuk judul, subheads, keterangan, headers, footers, dll di seluruh
publikasi, presentasi, atau situs web.
3. Menggunakan palet warna yang sama di
seluruh.
4. Mengulang warna, bentuk, atau tekstur
yang berbeda di seluruh wilayah.
5. Pilih visuals yang berbagi serupa
warna, tema, atau bentuk.
6. Memperderetkan foto dan teks yang
sama dengan grid baris.
II. IDE DALAM MEMBUAT DESAIN
Metode desain adalah bidang yang luas yang berfokus pada:
- Menjelajahi kemungkinan dan kendala dengan fokus keterampilan, berpikir kritis untuk penelitian dan mendefinisikan ruang masalah atau penciptaan kategori baru.
- Mendefinisikan spesifikasi dari solusi desain yang dapat menyebabkan pedoman yang lebih baik untuk kegiatan desain tradisional (grafis, industri, arsitektur, dll);
- Mengelola proses eksplorasi, mendefinisikan, menciptakan artefak secara terus menerus selama waktu pengerjaan.
- Prototyping skenario yang mungkin, atau solusi yang bertahap atau secara signifikan memperbaiki situasi
- Trendspotting; memahami keadaan proses suatu tren.
III.TANTANGAN
DALAM MEMBUAT DESAIN
- Bagaimana membuat desain yang bagus ??
- Bagaimana tetap menjalankan bisnis desain ?? (bagi yang sudah masuk ke dunia bisnis)
- Bagaimana memenuhi kepuasan konsumen ??
- Bagaimana cara menambah iklan bagi klien ??
VI.CONTOH DESAIN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Advertising (Periklanan)
Periklanan merupakan salah satu penggunaan yang paling
menguntungkan grafis, seniman sering melakukan pekerjaan iklan atau
mengambil iklan potensial ke account saat membuat seni, untuk
meningkatkan peluang penjualan karya seni. Sebagai contoh : Membuat kartu nama,
Desain Kaos (T-Shirt)
Business (Bisnis)
Grafis yang umum digunakan dalam bisnis dan ekonomi untuk membuat
diagram keuangan dan tabel. Istilah Usaha Graphics mulai dipakai pada akhir
tahun 1970, ketika komputer pribadi menjadi mampu menggambar grafik
dibandingkan menggunakan format tabel. Bisnis Grafik dapat digunakan untuk menyoroti
perubahan selama jangka waktu tertentu.
Political (Politik)
Penggunaan grafis untuk terang-terangan politik (kartun, grafiti,
seni poster, desain bendera,dll) adalah praktek berabad-abad lama yang
berlangsung hingga hari ini di setiap bagian dunia. “The mural Irlandia Utara”
adalah salah satu contohnya. Seni
melukis di dinding atau tembok yang menceritakan konflik sejarah selama 35
tahun terakhir di Irlandia Utara.
Education (Pendidikan)
Grafis yang banyak digunakan adalah dalam buku teks , terutama
yang menyangkut mata pelajaran seperti geografi, sains, dan matematika untuk
menggambarkan teori dan konsep, seperti anatomi manusia .
Diagram juga digunakan untuk label foto dan gambar. Dalam rangka edukasi, grafis
berfungsi secara efektif sebagai bantuan pendidikan dan pelajar harus mampu
menafsirkannya dengan baik.
Film and animation (Film dan animasi)
Komputer grafis sering digunakan dalam sebagian besar film
ber-fitur baru, terutama bagi Film dengan anggaran yang besar. Film-film yang
banyak menggunakan komputer grafis diantaranya ada Doraemon, Upin
-Ipin , Harry Potter, Spider Man dan masih banyak lagi lainnya..
VI. DESAIN GRAFIK
Desain Graphic berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Graphic,
kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu
sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis (dari bahasa Yunani graphikos)
adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. visual
pada permukaan, seperti dinding, kanvas, layar komputer,
kertas dll. Jadi dapat dikatakan Desain Grafik adalah kombinasi kompleks
antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan
pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen
tsb, sehingga dapat menghasilkan/ menginformasikan pesan yang seefektif mungkin
dalam bidang seni desain.
Filosofi
Desain
Sebuah filosofi desain adalah panduan untuk membantu membuat
pilihan saat merancang seperti ergonomi , biaya,, fungsi
ekonomi dan metode re-desain. Sebuah contoh dari filosofi desain adalah
"perubahan dinamis" untuk mencapai tampilan elegan atau bergaya yang
Anda butuhkan.
Kesimpulannya adalah bahwa dalam prinsip suatu design terdapat suatu
keseimbangan ,irama,penekanan,dan kesatuan yang membuat design menjadi tata
letak yang baik,dan juga dalam membuat design juga harus diikuti dengan ide
tang sesuai dengan bidang design yang diinginkan dimana dalam membuat ide
design kita perlu mengolah membuat protype dan mendefinisikannya agar semua itu menjadi susunan design yang
baik dan benar,tentu hal tersebut tidak mudah karena kita pasti akan
mendapatkan banyak sekala tantangan dalam membuat suatu ide design maka di
bentuklah suatu prinsip dan ide design yang akan mempermudah kita dalam membuat
design,Design Graphic merupakan suatu rancangan dalam bentuk anamasi dimana
design tersebut mengkombinasikan gambar,angka,foto,dan lain-lain yang semuanya
digabung menjasi satu dan membentuk suatu design .
Wassalamualaikum Wr'Wb
Sumber;
Kyfi.wordpress.com
Wassalamualaikum Wr'Wb
Sumber;
Kyfi.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar